Sriana, Winda (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111080 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
2103111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2103111080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2103111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2103111080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2103111080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2103111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2103111080 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
2103111080 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2103111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan sebanyak 472 siswa yang diambil secara homogen dan secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 67,56 dan standar deviasi adalah 6,72. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 78,53 dan standar deviasi dalah 7,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis proyek (pre-test) dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (post-test).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 7,21 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 40. Pada tabel t dengan dk=40 diperoleh =2,02 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika > yaitu 7,21 > 2,02 maka hipotesis nilai ( ditolak dan hipotesis alternative diterima.Dari hasil hipotesis diperoleh bukti yag empirik bahwa belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sri p |
Keywords: | pembeajaran berbasis objek; karakteristik; teks eksposisi; model pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15406 |