Devi, Zwi Zf (2014) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111025 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2101111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
2101111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2101111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2101111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2101111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2101111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2101111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
2101111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
2101111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP swasta setia budi abadi perbaungan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 97 populasi dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essai. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata = 68, 23 standard deviasi = 7,18 dan termasuk pada kategori baik, cukup, kurang dan sangat kurang yakni kategori baik sebanyak 11 siswa (36,7%), kategori cukup sebanyak 15 siswa (50%), dan kategori kurang sebanyak 4 siswa (13,3%). Hasil posttest dengan rata-rata = 79,2, standar devisasi 6,32 dengan kategori baik sebanyak sangat baik sebanyak 3 orang (10%), kategori baik sebanyak 21 orang (70%), kategori cukup sebanyak 6 orang (20%). Dari uji data hasil kelas pretest dan posttest didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 6,19. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,19 > 2,04, maka hipotesis diterima.Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa adanya Pengaruh yang signifikan atas penggunaan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Dev p |
Keywords: | pembelajaran PBL; teks eksplanasi; menulis teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15404 |