Gultom, Pestauli (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP SANTO IGNASIUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111048 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2103111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
2103111048 PREPACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2103111048 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
210311104 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2103111048 TABLE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2103111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2103111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
2103111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa dari jumlah populasi 60 orang siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,50, standard deviasi = 6,85 dan termasuk pada kategori baik, cukup dan kurang yakni 26,67% dari kategori baik, 63,33% dari kategori cukup dan 10% dari kategori kurang. Hasil post test dengan rata-rata = 75,17 standard deviasi = 8,31, dan dari kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 20% dari kategori sangat baik, 56,67% dari kategori baik, dan 23,33% dari kategori cukup. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 5,85. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,85 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Gul p |
Keywords: | karakteristik teks; teks eksplamasi; pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15399 |