Sianturi, Monalisa Frince (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111041 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2103111041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
2103111041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2103111041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2103111041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103111041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
2103111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2103111041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan sebanyak 361 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 72 orang, 36 orang untuk kelas eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks dalam bentuk esai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,28 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,14. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur kompleks lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh = 6,14, selanjutnya dikonsultasikan dengan table pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 70. Padatabel t dengandk = 70 diperoleh pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Kriteria pengujian adalah Ha diterima jika . Dalam penelitian ini (2,00<6,14>2,65), maka Hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks daripada model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sia e |
Keywords: | efektifitas; model pembelajaran; model ekspositori; kemampuan; prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15394 |