Sitorus, Desy Arisani (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PTPN IV BP. MANDOGE KABUPATEN ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111012 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
2103111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2103111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2103111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2103111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
2103111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam keterampilan menulis masih sering ditemukan, salah satunya adalah pemasalahan dalam menulis teks berita. Rendahnya kemampuan menulis siswa, disebabkan pola pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang berminat terhadap pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge kabupaten Asahan tahun pembelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sebagai populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 5 kelas. Sampel diambil secara random yaitu kelas VIII C yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai. Pengujian hipótesis dilakukan dengan uji beda (uji t) hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pemberian post-test diperoleh : nilai rata-rata post-test atau yang diajar dengan menggunakan media audiovisual adalah 75,33, sedangkan nilai rata-rata dengan tidak menggunakan media audiovisual adalah 53. Hasil pengujian dengan uji beda (uji t) pada taraf signifikan α = 0,05 nilai post-test kedua kelas diperoleh : t hitung = 4,614 > t tabel 2,018 sehingga disimpulkan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa menulis teks berita, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan media audiovisual. Dengan demikian, telah membuktikan bahwa hipotesis nihil atau Ho ditolak dan hipotesis alternatif atau Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sit p |
Keywords: | sejarah singkat penggunaan media; media pembelajaran; fungsi media pembelajaran; jenis media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15392 |