Sitepu, Juni Veronika (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERITA SISWA KELAS X SMA SWASTA INDONESIA MEMBANGUN (YAPIM) MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111033 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2103111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
2103111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2103111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2103111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
2103111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2103111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2103111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2103111033 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
2103111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2103111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Indonesia Membangun (YAPIM) Medan dengan jumlah 65 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata sebelum menerapkan jigsaw = 49,5, standar deviasi = 11,5, digolongkan pada kategori baik = 16,7%, kategori cukup = 40 %, dan kategori kurang = 43,3%. Nilai rata-rata setelah menerapkan jigsaw = 86, standar deviasi = 12,21 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 53,3%, baik = 46,7%. Berdasarkan uji normalitas, hasil sebelum menerapkan jigsaw dan setelah menerapkan jigsaw dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 2,77. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 30 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 2,77 > 2,04 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Berita pada Siswa Kelas X SMA Swasta Indonesia Membangun (YAPIM) Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sit p |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; model jigsaw; eksposisi; berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15391 |