Saragih, Nike Yesika (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111043 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2103111043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
2103111043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2103111043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2103111043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2103111043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2103111043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2103111043 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
2103111043 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2103111043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 281 orang kelas VII SMP Negeri 38 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang yang diambil dengan proses simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata- rata pretes = 63,14, standar deviasi = 6,9, dan termasuk dalam tiga kategori yaitu kategori baik sebanyak 25,7%, kategori cukup sebanyak 65,7%, dan kategori kurang sebanyak 8,6%. Nilai rata-rata postes = 76,42, standar deviasi = 8,58, dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 28,6%, kategori baik sebanyak 54,3%, kategori cukup sebanyak 17,1 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan postes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dan diketahuilah to sebesar 7,06. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1, maka 35-1 = 34. Dari df = 34 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,03. Maka diperoleh to> ttabel yakni 7,06 > 2,03. Dengan demikian dihipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sar p |
Keywords: | model pembelajaran; model pembelajran berbasis proyek; prinsip- peinsip model pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15390 |