PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA N 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lubis, Raudahtul Sarifah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA N 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111054 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111054 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2103111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2103111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2103111054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2103111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2103111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2103111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2103111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 BAB I.pdf]
Preview
Text
2103111054 BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 BAB V.pdf]
Preview
Text
2103111054 BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 2103111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2103111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 421 orang dan dan sampel penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran berbasis inkuiri) dan 40 siswa kelompok kontrol (model pembelajaran langsung). Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 73,12. Kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 63,62. Model pembelajaran berbasis inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 4,92 >1,99. Untuk itu perlunya guru bidang studi Bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis inkuiri, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Lub p
Keywords: model pembelajaran; pembelajaran inkuiri; pembelajaran langsung; menulis teks eksposisi; penilaian teks eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 10:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item
View Item