Lubis, Raudahtul Sarifah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA N 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111054 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
2103111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2103111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2103111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2103111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2103111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2103111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
2103111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2103111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 421 orang dan dan sampel penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran berbasis inkuiri) dan 40 siswa kelompok kontrol (model pembelajaran langsung). Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 73,12. Kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 63,62. Model pembelajaran berbasis inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 4,92 >1,99. Untuk itu perlunya guru bidang studi Bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis inkuiri, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Lub p |
Keywords: | model pembelajaran; pembelajaran inkuiri; pembelajaran langsung; menulis teks eksposisi; penilaian teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15389 |