Siregar, Rima Mawarni (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BESITANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111057 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2103111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
2103111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2103111057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2103111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2103111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2103111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2103111057 BAB I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
2103111057 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 296 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas acak yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 65,81, standar deviasi 9,11, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah70 sebanyak 8 orang atau sekitar 23%. Nilai rata-rata post-test 78,1, standar deviasi 8,5, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 9 orang atau sekitar 24,32%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 5,96. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 37 -1 = 36 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 5,96 > 2,00. Dengan demikian Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sir p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; kemampuan menulis; teks deskripsi; jenis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15387 |