PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sihite, Pitra (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111050 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111050 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2103111050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2103111050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2103111050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2103111050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2103111050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2103111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2103111050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 BAB I.pdf]
Preview
Text
2103111050 BAB I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 BAB V.pdf]
Preview
Text
2103111050 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2103111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2103111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balige yang terdiri atas 8 kelas satu jurusan. Dari kelas itu diambil kelas sebagai sampel yaitu Kelas XPA3 sebanyak 32 orang sebagai kelas Eksperimen dan XPA.1 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang.Model Pembelajaran yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) yaitu kerjasama kelompok dengan berkolaborasi untuk memecahkan suatu masalah dengan bertanggung jawab dan dapat dipercaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan rata-rata 78,75 %. Diketahui bahwa hasil post test menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) 78,75 termasuk kategori baik dimana sebanyak 12 siswa atau 37,5 %, kategori sangat baik ,sebanyak 12 siswa atau 37,5 %, kategori baik sebanyak 8 siswa atau 25 % kategori cukup. Model Pembelajaran yang digunakan sebagai kelas kontrol adalah model pembelajaran ekspositori yaitu bentuk pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered apporoach),memberikan keterangan terlebih dahulu seperti defenisi, jenis-jenis dan langkah-langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah rata-rata 74,375 % termasuk kategori cukup dimana dari 32 siswa diketahui 7 siswa atau 21,875 %, kategori sangat baik,sebanyak 17 siswa atau 53,125% kategori baik, sebanyak 8 siswa atau 25% kategori cukup.Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji “t”. Selanjutnya dari penghitungan uji hipotesis 2,023>2,00. Diperoleh Thitung = 2,027 kemudian dibandingkan dengan harga Ttabel pada dk = (N1 +N2) -2 = (32+32) – 2 = 62 taraf signifikan 5% = 2,00. Karena Thitung yang diperoleh > dari Ttabel (2,027>2,00) maka H0 ditolak dan Ha diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik model pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.066 071 Sih p
Keywords: model kolaboratif; karakteristik model kolaboratif; variasi model kolaborasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 10:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item
View Item