Syaleh, Muhammad (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF DALAM ARTIKEL SISWA KELAS IX SMP SWASTA HARAPAN STABAT TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209411017 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209411017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
209411017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
209411017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
209411017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209411017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
209411017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
209411017 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209411017 BAB I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
209411017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan utama Paragraf oleh Siswa Kelas IX SMP Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni menggunakan teknik one group pretes- postes design adapun jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 32 siswa.Dari hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menemukan gagasan utama paragraf yang menggunakan model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas IX SMP Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik Nilai rata-rata siswa yang menggunakan model cooperative script 77,75 dengan standar deviasi sebesar 8,38, sementara sebelum menggunakan model cooperative script memiliki rata-rata 56,37 dengan standar deviasi sebesar 9,17. dari data diatas bahwa model pembelajaran cooperative script berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menemukan gagasan utama paragraf. Hal ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai t_(hitung ) > t_(tabel(0,05)) yakni 3,21>2,04 Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menemukan gagasan utama paragraf dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama paragraf dalam artikel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 712 Sya p |
Keywords: | model pembelajaran; cooperative script; hakikat; gagasan utama paragraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15379 |