PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI PERISAI KUTACANE ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Epalen, Nopia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI PERISAI KUTACANE ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103311030 COVER.pdf]
Preview
Text
2103311030 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2103311030 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2103311030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2103311030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2103311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 TABLES.pdf]
Preview
Text
2103311030 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2103311030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2103311030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2103311030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2103311030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2103311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Proposal Kegiatan oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian berjumlah 180 orang dan sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis proposal kegiatan dalam bentuk penugasan dengan tema peringatan hari lahir Republik Indonesia. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pada pre-test = 63.83, standar deviasi = 7.26 sedangkan nilai rata-rata pada post-test = 77, standar deviasi = 8.7. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 6.30. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2.04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6.30 > 2.04 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima.Demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis proposal kegiatan oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.066 071 Epa p
Keywords: pembelajaran; berbasis proyek; proposal kegiatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 09:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15376

Actions (login required)

View Item
View Item