Harahap, Ainun Rahmi (2014) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNTU PANE ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
71222110017 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
71222110017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
71222110017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
71222110017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
71222110017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
71222110017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
71222110017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
71222110017 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
71222110017 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
71222110017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis proposal kegiatan menggunakan strategi pemecahan masalah dan strategi pembelajaran ekspositori. Straegi pembelajaran mana yang lebih efektif antara strategi pemecahan masalah dengan strategi pembelajaran ekspositori dalam menulis proposal kegiatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Buntu Pane Asahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 40 orang.¬ Karena jumlah populasi di sekolah tersebut sedikit, sampel yang diambil untuk diteliti adalah sebanyak 40 orang yaitu 20 orang kelas XI-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan 20 orang XI-2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen uji “t” dengan model two group post-test only. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan. Tes penugasan tersebut adalah tes yang diberikan kepada siswa agar mereka melakukan instruksi menulis proposal kegiatan.. Hal ini dikarenakan penelitian ini bersifat komparatif. Harga skor variabel X dan variabel Y dibandingkan satu dengan yang lain dengan menggunakan uji “t”. Kemampuan menulis proposal kegiatan dengan menggunakan strategi pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata 77,75 sedangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata 69,5. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai to =2,38 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % maupun 1% dengan dk=(Ni+N1)-2=(20+20)-2=38 ternyata to diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,38>2,03 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemecahan masalah lebih efektif digunakan dalam menulis proposal kegiatan daripada strategi pembelajran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Har e |
Keywords: | efektivitas; pemecahan masalah; ekspositori; proposal kegiatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15375 |