Sidabutar, Suryani Hanum (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA SHAFIYYATUL AMALIYYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2114411001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2114411001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
2114411001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
2114411001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2114411001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2114411001 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2114411001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2114411001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
2114411001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2114411001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Shafiyyatul Amaliyyah Medan dengan jumlah 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak dengan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan empat pilihan jawaban.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 65,8, standar deviasi = 8,85, digolongkan pada kategori baik = 20 %, kategori cukup = 50 %, kategori kurang = 23,3 % dan kategori sangat kurang = 6,67 %. Nilai rata-rata post-test = 80, standar deviasi = 8,75 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 40 %, baik = 46,6 %, cukup = 6,66 % dan kurang = 6,66%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 5,43. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 30 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,43 > 2,04 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan memahami teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Swasta Shafiyyatul Amaliyyah Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Sid p |
Keywords: | pembeljaran inkuiri; observasi; laporan; teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15373 |