Siregar, Desy Apriani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311037 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
209311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
209311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
209311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
209311037 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
209311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
209311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
209311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 105 siswa SMA Negeri 1 Kampung Rakyat. Sampel diambil secara random sampling (acak kelas), yaitu sebanyak 30 siswa kelas X-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis puisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan tanpa perlakuan model Pembelajaran Examples Non Examples termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 68,1 sedangkan sesudah perlakuan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 6,18 > 2,01 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model Pembelajaran Examples Non Examples lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Hal ini membuktikan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model Pembelajaran Examples Non Examples lebih berpengaruh. Model ini berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Sir p |
Keywords: | puisi; struktur; aspek penilaian; simbol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15371 |