Ginting, Elfrida (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK HIKAYAT KUCING DAN TIKUS OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111018 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2103111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
2103111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2103111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2103111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
2103111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2103111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
2103111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share dan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam hikayat “kucing dan tikus.” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan dengan jumlah 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya True eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair and Share = 83,03, standar deviasi=8,93 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak 50% dan kategori cukup sebanyak 0%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model konvensional = 66,88 standar deviasi = 9,88 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 50% kategori cukup sebanyak 50% kategori kurang 0% dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 7,17. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35 dari df =35 diperoleh taraf signifikasi 5%=1,99, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,17> 1,99 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model Think Pair and Share dalam meningkatkan kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik hikayat lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional di SMA Swasta Raksana Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Gin p |
Keywords: | kemampuan; menemukan unsur intrinsik; hikayat; pembelajaran kooperatif; TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15360 |