Rambe, Salmi Hikma (2014) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGAI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111015 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2101111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
2101111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2101111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2101111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2101111015 TABLE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2101111015 TABLE OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2101111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2101111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2101111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2101111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Quantum Writing terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Kanan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Kanan yang berjumlah 144 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest 67, standar deviasi 6,79, kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa yang berkategori sangat baik tidak ada atau 0%, berkategori baik sebanyak 10 orang atau 30%, berkategori cukup sebanyak 16 orang atau 60%, berkategori kurang sebanyak 4 orang atau 10%, dan berkategori kurang sekali sebanyak 0 orang atau 0%. Nilai rata-rata postest 79,67 standar deviasi 5,91, kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa yang berkategori sangat baik sebanyak 3 orang atau 10%, berkategori baik sebanyak 24 orang atau 80%, berkategori cukup sebanyak 3 orang atau 10%, berkategori kurang tidak ada atau 0%, dan berkategori kurang sekali tidak ada atau 0%.Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 7,09. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n -1 = 30 -1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 7,09 > 1,66. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Hal ini membuktikan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan teknik Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis paragraf deskripsi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Kanan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.060 712 Ram p |
Keywords: | pembelajaran; teknik quantum writing; menulis; paragraf deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15357 |