Wahyuni, Dewi (2014) PEMETAAN KESALAHAN PENULISAN SURAT RESMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG BALAI ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311039 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
209311039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
209311039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
209311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209311039 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
209311039 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
209311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemetaan kesalahan penulisan surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Balai Asahan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 95 siswa SMP Negeri 1 Tanjung BAlai Asahan. Sampel diambil secara random sampling (acak kelas), yaitu sebanyak 30 siswa kelas VIII-2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes subjektif dalam bentuk penugasan yaitu menulis surat resmi. Metode penelitian Deskriptif kualitatif ini sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi tergolong rendah dan belum maksimal. Pada tabel uji kategori dilihat bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian, hanya 8 siswa yang memperoleh nilai atau hasil di atas skor 80-89 yaitu dalam kategori baik, sedangkan 19 orang siswa lainnya memperoleh hasil dengan kategori cukup yaitu rentang skor 70-79. Berikutnya ditemukan 3 orang siswa memperoleh hasil menulis surat resmi dengan rentang skor 65-69 yang dikategorikan kurang. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi masih dibawah kategori baik atau belum maksimal. Kemudian ditemukan sejumlah kesalahan penulisan yang bervariasi yaitu dari kesalahan penulisan paling sedikit sebanyak 7 kesalahan sampai kesalahan yang terbayak sebanyak 20 kesalahan penulisan. Hal ini disebabkan bahwa pada kenyataannya selama ini siswa hanya cenderung meniru contoh-contoh surat yang telah ada, sehingga pemahaman akan bahasa maupun tata cara penulisan surat yang benar dan baku masih rendah.Kurangnya penguasaan penulisan surat resmi terhadap kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi penyebab utama munculnya kesalahan berbahasa dalam surat resmi. Hal inilah yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Balai Asahan. Kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya akan menyebabkan munculnya kesalahan berbahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.607 12 Wah p |
Keywords: | menulis; surat resmi; syarat surat yang baik; bahasa surat resmi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15354 |