Simarmata, Priska (2014) PENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN PUISI OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111051 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2103111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2103111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2103111051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2103111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2103111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2103111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2103111051 BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2103111051 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2103111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran manakah yang lebih efektif antara multimedia atau media pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan membacakan puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sidikalang yang berjumlah 263 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen posttest two group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes praktik membacakan puisi.Dari pengolaan data diperoleh kemampuan membacakan puisi dengan menggunakan multimedia nilai rata-rata sebesar 76,5 dan tergolong dalam kategori baik. Kemampuan membacakan puisi dengan menggunakan media pembelajaran konvensional nilai rata-rata sebesar 60,16 dan tergolong dalam kategori cukup. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 8,6 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana df = N-1 = 30-1=29 diperoleh ttabel = 2,04 sehingga thitung > ttabel (0,05), yakni 8,6 > 2,04. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan membacakan puisi yang diajarakan dengan menggunakan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Sim p |
Keywords: | pengertian multimedia; kemampuan; media pembelajaran; membaca puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15353 |