Manik, Maria Krisnauli (2014) PENGARUH TEKNIK MENUNJUKKAN BUKAN MEMBERITAHU (SHOW NOT TELL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311023 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2103311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
2103311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2103311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
2103311023 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2103311023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2103311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
2103311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2103311023 BIBLLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik menunjukkan bukan memberitahu (show not tell) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 151 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 66,13, standar deviasi 7,33, dengan berkategori baik 30%, berkategori cukup 63,3% dan berkategori kurang 6,7%. Sedangkan hasil post-test dengan rata-rata 78,47, standar deviasi 7,6, dengan berkategori sangat baik 16,7%, berkategori baik 70%, dan berkategori cukup 13,3%. Dari hasil uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 6,29, setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 1% dengan dk = N-1=30-1=29, dari df=29 diperoleh taraf signifikan 1%=2,76. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,29>2,67, maka hipotesis alternatif (ha) diterima.Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik menunjukkan bukan memberitahu (show not tell) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Man p |
Keywords: | teknik menunjukkan; menulis; puisi; struktur fisik; struktur batin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15351 |