Febrina, Mira (2014) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KALIMAT IMPERATIF DALAM TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311027 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2103311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
2103311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2103311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2103311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2103311027 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2103311027 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2103311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
2103311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2103311027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) terhadap kemampuan menerapkan kalimat imperatif dalam teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajara 2013/2014. Populasi penelitian berjumlah 325 orang dan sampel penelitian sebanyak 64 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks. Nilai rata-rata pada variabel X adalah 78,75, sedangkan nilai rata-rata pada variabel Y adalah 67,03. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai menulis teks prosedur kompleks lebih tinggi nilai hasil variabel Xdaripada variabel Y.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. hasil perhitungan uji “t” diperoleh lebih besar daripada yaitu 5,23 > 1,67. Maka perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) lebih efektif digunakan terhadap pembelajaran menerapkan kalimat imperatif dalam teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajara 2013/2014 dibandingg dengan metode ceramah.Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi para pelaksana dan penyelenggara pendidikan khususnya pada tingkat Sekolah Mengengah Atas pada kelas X, guru, kepala sekolah, dan peneliti lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 415.071 2 Sem e |
Keywords: | belajar tuntas; jenis- jenis kalimat; imperatif; taktransitif; imperatif halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15346 |