Mahsa, Masithah (2014) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111043 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
209111043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
209111043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
209111043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
209111043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
209111043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209111043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
209111043 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
209111043 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
209111043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio-visual terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat yang berjumlah 360 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil dari 22% jumlah populasi. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dijadikan kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media audio-visual dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan media buku pelajaran. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X memiliki rata-rata 83,98 dengan standar deviasi sebesar 9,26 sementara kelas Y memiliki rata-rata 70,98 dengan standar deviasi sebesar 11,02.Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1330 dan Lt (Ltabel) = 0,1401. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1330 < 0,1401. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan menggunakan media audio-visual berdistribusi normal. Pada Y diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1163 dan Lt (Ltabel) = 0,1401. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1163< 0,1401. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan menggunakan media audio-visual berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai = 1,17 dk pembilang dan penyebut 40 + 40 – 2 = 78 yaitu 0,90. Jadi, yaitu < 1,17. Nilai t, t0 = 5,65, tt 5 %= 1,67 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t, yaitu > atau 5,65 > 1,67. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan media audio-visual efektif diberikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.330 712 Mah e |
Keywords: | Media pembelajaran; Penggunaan media. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15344 |