PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PIDATO SISWA KELAS XI SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2013-2014

Nadia, Afifah Bushrah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PIDATO SISWA KELAS XI SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2102111001 COVER.pdf]
Preview
Text
2102111001 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2102111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2102111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2102111001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2102111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2102111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2102111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 BAB I.pdf]
Preview
Text
2102111001 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001  BAB V.pdf]
Preview
Text
2102111001 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2102111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2102111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis pidato dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan konvensional, serta pengaruh model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan menulis pidato siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS yang berjumlah 114 orang yang terdiri atas tiga kelas. Dari populasi ditetapkan sampel menggunakan teknik random sampling untuk diteliti sebanyak 72 orang, kemudian kelompok sampel ini dibagi menjadi dua kelompok masing-masing sebanyak 36 siswa. Kelompok pertama ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menguji hipotesis digunakan statistik komparasi. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan menulis teks pidato berbentuk esei/tulisan. Perbedaan hasil pembelajaran menggunakan kedua model tersebut diuji melalui uji t dengan rumus Fisher. Berdasarkan teknik analisis data, disimpulkan kemampuan menulis pidato setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran think pair and share memperoleh nilai rata-rata 81,97 termasuk dalam kategori A (baik sekali), kemampuan menulis pidato setelah perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 72,61 termasuk dalam ketegori B (baik). Berdasarkan penghitungan dengan uji “t” diperoleh nilai thitung = 5,962 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = N1 + N2 – 2 = 70 ternyata thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,962 > 1,667 sehingga hipotesis diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan menulis pidato siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.507 12 Nad p
Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan menulis; Striktur pidato; Persiapan menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item
View Item