Sitohang, Desty Junita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SISWA SEBAGAI FASILITATOR DAN PENJELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 1 BOSAR MALIGAS TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111011 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2103111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
2103111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2103111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2103111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2103111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2103111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2103111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
2103111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2103111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh modelpembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas) terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas Tahun Pembelajaran 2013/201 yang berjumlah 201 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 50 orang siswa dari jumlah populasi 201 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatifjenis eksperimen untuk melihat akibat atau pengaruh dari suatu perlakuan. Desain eksperimen yang digunakan adalah two group posttest-only control design. Untuk kelompok satu sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (siswa sebagai fasilitator dan penjelas) dalam menulis teks berita dan kelompok kedua sebagai kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks berita. Kemudian diadakan posttest (tes akhir). Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks berita yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswasebagai Fasilitator dan Penjelas) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 BosarMaligas Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 76,4. Kemampuan menulis teks berita yang menggunakan model pembelajarankonvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas TahunPembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 61,6. Modelpembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 4,65 >2,0
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.880 712 Sit p |
Keywords: | Model pembelajara; Menulis teks berita; Sifat berita; Macam-macam berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15338 |