PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBERI DAN MENERIMA (TAKE AND GIVE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI SISWA KELAS XI MAN PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Fadilah, Nurul (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBERI DAN MENERIMA (TAKE AND GIVE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI SISWA KELAS XI MAN PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209411021 COVER.pdf]
Preview
Text
209411021 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
209411021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
209411021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209411021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
209411021 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 TABLES.pdf]
Preview
Text
209411021 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
209411021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
209411021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
209411021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
209411021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 209411021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
209411021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran memberi dan menerima (take and give) terhadap kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini siswa kelas XI MAN Panyabungan tahun pembelajaran 2013/2014. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini dengan menggunakan model pembelajaran memberi dan menerima (take and give), kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pengaruh model pembelajaran memberi dan menerima (take and give) terhadap kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini.Populasi penelitian ini adalah 185 siswa. Dari 185 siswa tersebut, 80 siswa dijadikan sampel penelitian yang dipilih dengan cara random sampling. Selanjutnya, sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran take and give) dan 40 siswa kelompok kontrol (konvensional) siswa kelas XI MAN Panyabungan tahun pembelajaran 2013/2014.Hasil penelitian dari kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini yang menggunakan model pembelajaran member dan menerima (take and give) siswa kelas XI MAN Panyabungan tahun pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 73,12, sedangkan kemampuan mengidentifikasi fakta dan opini yang menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas XI MAN Panyabungan tahun pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 60,37. Hal ini berarti, pembelajaran memberi dan menerima (take and give) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fakta dan opini. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 6,50 >1,99.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Fad p
Keywords: Model Pembelajaran; Memberi dan Menerima; Konvensional; Kemampuan Mengidentifikasi; Fakta dan Opini; Berita; Surat Kabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item
View Item