Syahfitri, Dina (2014) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT SISWA RESMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311042 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
209311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
209311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
209311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
209311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
209311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
209311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan siswa menulis surat resmi. Masalah dalam penelitian ini terfokuskan pada 1. Kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan metode konvensional, 2. Kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri, 3. Pengaruh antara penerapan metode inkuiri terhadap keterampilan menulis surat resmi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 360 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel random yaitu sebanyak 58 orang terdiri dari kelas VIII-1 dan VIII-2 masing-masing 29 orang. Kemudian, kelas VIII-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-2 ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen tes kemampuan menulis surat resmi. Tes ini diujikan sebanyak satu kali dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Karena penelitian ini bersifat koomparatif, maka harga skor variabel XA dan variabel XB diperbandingkan satu sama lain. Uji perbandingan yang digunakan adalah menggunakan statistik “t”. Kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata 84,66 sedangkan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 67,76. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata di atas, maka hasil belajar menulis surat resmi dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh nilai to = 8,35 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 < 8,35 > 2,66 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti metode pembelajaran inkuiri lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis surat resmi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.607 1 Sya p |
Keywords: | Metode Inkuiri; Komponen Umum; Langkah-langkah; Kelebihan dan kelemahan; Surat Resmi; Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15333 |