Sitorus, Erwana Army (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311052 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
209311052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
209311052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
209311052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209311052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
209311052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209311052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209311052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
209311052 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
209311052 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
209311052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan bermain drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 172 siswa. Dari populasi tersebut, ditentukan 20 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes produk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran simulasi termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 68,25, sedangkan kemampuan siswa bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 80,8. Selanjutnya, hasil dari hipotesis menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel atau 5,50 > 2,03 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil atau Ha ditolak dan hipotesis alternatif atau Ha diterima. Artinya, model pembelajaran role playing berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan bermain drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Dengan kata lain, hasil pembelajaran bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran role playing lebih baik daripada hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demontration.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.207 12 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Role Playing; Langkah-langkah; Demontration; Bermain; Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15322 |