Simanjuntak, Rina Maralus (2014) HUBUNGAN TINGKAT KETERBACAAN WACANA DENGAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI WACANA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111063 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
209111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
209111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
209111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
209111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
209111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
209111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
209111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
209111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat keterbacaan wacana dengan kemampuan menyimpulkan isi wacana siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian dengan mengadakan tes pilihan berganda berjumlah 15 wacana. Ke-15 wacana tersebut telah diukur keterbacaannya dengan menggunakan grafik Raygor. Setelah membagi keterbacaan masing-masing wacana, kemudian siswa ditugaskan untuk menyimpulkan isi wacana tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan linieritas. Uji normalitas tingkat keterbacaan wacana memiliki sig = 0,442 dan kemampuan menemukan ide pokok paragraf memiliki = 0,307. Kedua variabel berdistribusi normal karena sig > α (0,05). Kemudian, uji linieritas kedua variabel diperoleh sig = 0,00 maka dinyatakan kedua variabel merupakan model regresi linier karena sig < α (0,05) dengan persamaan regresi Y = -2,80 + 1,01x. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis, diperoleh r hitung sebesar 0.953 dan r tabel sebesar 0,355. Dengan demikian, r hitung > r tabel maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat keterbacaan wacana dengan kemampuan menyimpulkan isi wacana siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 401.410 712 Sim h |
Keywords: | Wacana; Keterbacaan; Fray: Grafik Fry; Raygor: Grafik Raygor; Menyimpulkan; Jenis-jenis Wacana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15321 |