Silaban, Rahmawati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM PARAGRAF OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111056 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
209111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
209111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
209111056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
209111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
209111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
209111056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
209111056 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
209111056 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
209111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menemukan ide pokok dalam paragraf pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lintongnihuta yang berjumlah 198 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X memiliki rata-rata 75,4 dengan standar deviasi sebesar 8,63, sementara kelas Y memiliki rata-rata 67,9 dengan standar deviasi sebesar 8,69. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,088 dan Lt (Ltabel) = 0,156. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,088<0,156. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menemukan ide pokok dalam paragraf dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berdistribusi normal. PadaY diperoleh harga L0 (Lhitung) =0,081 dan Lt (Ltabel) = 0,156. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,081<0,156. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menemukan ide pokok dalam paragraf dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai F_hitung= 3,74 dengan〖 F〗_tabel = 55,8 dk pembilang dan penyebut 32 + 32 - 2 = 62 yaitu3,74. Jadi, F_hitung<F_tabel yaitu 3,74<55,8.Nilai t, t = 3,47. t 5% = 2,00 dan tt 1% = 2,65 karena t yang diperoleh lebih besar dari t yaitu 2,00<3,47> 2,65. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menemukan ide pokok dalam paragraf lebih berpengaruh menggunakan model pembelajaran inkuiri dibandingkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lintongnihuta tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 712 Sil p |
Keywords: | Kemampuan; Menemukan Ide; Paragraf; Model Pembelajaran; Inkuiri; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15306 |