Wulandari, Astri (2014) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK BUZZ TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111008 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
209111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
209111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
209111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
209111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
209111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
209111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
209111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
209111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen yang menggunakan teknik pembelajaran Kelompok Buzz dengan hasil pembelajaran kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen tanpa menggunakan teknik pembelajaran Kelompok Buzz. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 181 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yanga ada, yaitu 35 orang siswa dari jumlah populasi 181 orang tersebut.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni one group pretest and posttest design. Pengolahan data diperoleh hasil pretest sebanyak 2295 dengan rata-rata 65,57, standar deviasi 6,41, nilai pretest siswa berada pada kategori baik 40%, kategori cukup 54,28% dan kategori kurang sebanyak 5,71%. Hasil posttest sebanyak 2715 dengan rata-rata 77,57, standar deviasi 7,11, dengan kategori sangat baik 22,85%, kategori baik 65,71% dan kategori cukup 11,42%. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa data hasil pretest diperoleh harga Lhitung atau Lo = 0,1319 dan Ltabel = 0,1497. Ternyata Lhitung< Ltabel = 0,1497< 0,1319. Hal ini menunjukkan bahwa data tes kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen sebelum penerapan teknik pembelajaran kelompok buzz tersebut berdistribusi normal. Pada data hasil posttest diperoleh harga Lhitung = Lhitung atau Lo = 0,1369 dan Ltabel = 0,1497. Ternyata Lhitung< Ltabel 0,1497< 0,1369. Hal ini menunjukkan bahwa data tes kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen sebelum penerapan teknik pembelajaran kelompok buzz tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai Fhitung 1,18 dengan Ftabel = 1,84 dengan dk pembilang (n-1), 35-1=34, dari tabel distribusi F untuk α = 0,05 diperoleh 1,84. Jadi, Fhitung < Ftabel = 1,18 < 1,84. Nilait, to = 2,04 dan ttabel =7,40. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7,40 > 2,04 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho)ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan teknik pembelajaran Kelompok Buzz dengan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen tanpa menggunakan teknik pembelajaran Kelompok Buzz siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Wul p |
Keywords: | Teknik Kelompok Buzz; Langkah-langkah; Keunggulan dan Kelemahan; Kemampuan Menganalisis; Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15296 |