PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Wahyudi, Matius Eka (2014) PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111044 COVER.pdf]
Preview
Text
209111044 COVER.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111044 BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111044 BAB V.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 209111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Talking Stick pada kemampuan menyimpulkan isi berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 250 siswa, sampel penelitian adalah 48 siswa yang terbagi dari 24 siswa kelas experimen dan 24 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Two-group Post-test Only Design. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimpulkan isi berita dengan menerapkan model Talking Stick dan menerapakan model pengajaran langsung. Yang ingin dilihat dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan dan berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menyimpulkan isi berita. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menyimpulkan isi berita dengan menerpakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 80,62. Kemampuan menyimpulkan isi berita dengan menerapkan model pengajaran langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 63,54. Dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan dk = (N1+N2)-2=(24+24)-2=46. Pada tabel t dengan dk = 46 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar = 2,02 dan pada taraf 1% harga ttabel, yaitu 2,70 Oleh karena t_0yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,02<7,55>2,70 maka hipotesis nihil (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif &#12310; (H&#12311;_a) diterima. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model Talking Stick memiliki pengaruh yang positif dibandingkan dengan model pengajaran langsung. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi berita dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick, karena model ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Wah p
Keywords: Model Talking Stick; Sejarah; Langkah-langkah; Model Pengajaran Langsung; Kemampuan; Menyimpulkan; Isi Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item
View Item