Siagian, Lena Purnamasari (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311018 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
209311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
209311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
209311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
209311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
209311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
209311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
209311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara yang berjumlah 240 orang yang terbagi ke dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan model one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture adalah 66 termasuk dalam kategori cukup dengan standar deviasi sebesar 7,89 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture adalah 74,33 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi sebesar 9,01. Berdasarkan perhitungan uji normalitas pada pretest diketahui bahwa Lhitung 0,11 dengan menggunakan ∝ = 0,05 dan N = 30, maka Lhitung < Ltabel yaitu 0,11 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture berdistribusi normal. Pada posttest diperoleh harga Lhitung 0,09 dengan menggunakan ∝ = 0,05 dan N = 30, maka nilai kritis uji Liliefors diperoleh Ltabel = 0,161 ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,09 < 0,161. Hal ini juga membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai X2 (chi kuadrat) hitung sebesar 1,33. Harga X2 tabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk 29 adalah 42,6. Ternyata X2 hitung < X2 tabel yaitu 1,33 < 42,6. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Nilai to diperoleh 3,77, dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N-1) = (30-1) = 29; pada tabel t dengan dk = 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04. Artinya to yang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 3,77>2,04. Dengan demikian, Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.802 071 2 Sia p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Picture and Picture; Kelebihan dan Kekurangan; Menulis; Karangan Narasi; Struktur Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15286 |