Sembiring, Eka Brenta (2014) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TAMAN SISWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311044 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
209311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
209311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
209311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
209311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
209311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
209311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
209311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/ 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Medan, yang berjumlah 223 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan kelas yang dijadikan wakil populasi. Penelitian ini digolongkan jenis Ekspose facto yaitu penyelidikan yang dilakukan secara empiris dan sistematis yang bertujuan untuk menggambarkan dua variabel atau lebih yang saling berkaitan untuk melihat hubungan antar variabel terhadap sebuah variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai penguasaan kosakata dan struktur kalimat adalah tes pilihan berganda (multiple choice), sedangan untuk kemampuan menulis teks berita adalah penugasan menulis teks berita. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh positif yang berarti antara penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis teks berita pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Setelah dilakukan penelitian maka didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemampuan Penguasaan Kosa Kata dan kemampuan Struktur Kalimat siswa secara terhadap hasil Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dengan demikian Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat secara nyata dapat menentukan dan memberikan sumbangan terhadap hasil Kemampuan Menulis Teks Berita siswa. Hal ini dapat dilihat dari tabel XIII bahwa Fhitung > Ftabel dengan dk (2:77) pada α = 0,05 yaitu : 7,62 > 3,11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda antara variabel Penguasaan Kosa Kata (X1) dan Struktur Kalimat (X2) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita (Y) adalah Ŷ = 24,63 + 0,126X1 + 0,383X2 berarti pada taraf α = 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Kosa Kata (X1) dan Struktur Kalimat (X2) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita siswa kelas VIII (Y) diterima kebenarannya. Selanjutnya dari perhitungan lampiran 14 diperoleh koefisien korelasi ganda R= 0,406 dan dapat dilihat pada tabel 4.8 bahwa untuk dk pembilang 2 dan dk penyebut = 80 – k – 1 = 77 , pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 3.11 dan F hitung = 7,607, sehingga Fhitung > Ftabel . Maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi ganda signifikan (berarti).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sem p |
Keywords: | Menulis; Teks Berita; Kosakata; Penguasaan Struktur Kalimat; Kemampuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15277 |