Pandiangan, Kristyna (2014) PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NASRANI3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209111040 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 209111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM. 209111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 209111040 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 209111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
6. NIM. 209111040 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 209111040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 209111040 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 209111040 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM. 209111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model reflektifterhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan yang berjumlah 58orang. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak30orang.Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan bentuk desain one grouppre-test post-test design, desaindilakukan observasi sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Desain penelitian ini dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Desain ini terdapat pre-test, sebelum dilakukan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas X SMA Nasrani 3 Medan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model reflektifterhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. . Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor 1880 dengan nilai rata-rata 62,66 dan hasil post-test 2230 dengan nilai rata-rata 74,30.Kemudian, dilakukan uji hipotesis uji t, didapat t_hitung=9,5dan t_tabel = 2,04 karena t_hitung>t_tabel (9,5>2,04) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model reflektif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Pan p |
Keywords: | Belajar; Kemampuan Siswa; Pembelajaran; Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15268 |