PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NASRANI3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Pandiangan, Kristyna (2014) PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NASRANI3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 209111040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 209111040 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 209111040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 209111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 209111040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 209111040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 209111040 ABSTRACT ID.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 209111040 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 209111040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 209111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 209111040 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 209111040 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 209111040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 209111040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 209111040 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 209111040 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 209111040 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 209111040 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 209111040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 209111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model reflektifterhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan yang berjumlah 58orang. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak30orang.Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan bentuk desain one grouppre-test post-test design, desaindilakukan observasi sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Desain penelitian ini dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Desain ini terdapat pre-test, sebelum dilakukan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas X SMA Nasrani 3 Medan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model reflektifterhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. . Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor 1880 dengan nilai rata-rata 62,66 dan hasil post-test 2230 dengan nilai rata-rata 74,30.Kemudian, dilakukan uji hipotesis uji t, didapat t_hitung=9,5dan t_tabel = 2,04 karena t_hitung>t_tabel (9,5>2,04) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model reflektif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Pan p
Keywords: Belajar; Kemampuan Siswa; Pembelajaran; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 10:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item
View Item