Bakkara, Endang P. (2014) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 209311049 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 209311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
3. 209311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. 209311049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 209311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. 209311049 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 209311049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 209311049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
11. 209311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
15. 209311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
9. 209311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil strategi pembelajaran kemampuan siswa menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif dan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis berita di sekitar lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1Pancur Batu yang berjumlah 137 orang, maka sampel yang diambil sebanyak 60 orang yaitu 30 orangg kelas VIII-1 di tetapkan sebagai kelas eksperimen dan 30 orang VIII-2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen tes kemampuan menulis berita. Tes diberikan hanya satu kali hal ini dikarenakan penelitian ini bersifat komparatif maka harga skor variabel X dan variabel Y dibandingkan satu dengan yang lain dengan menggunakan uji t.Kemampuan menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif diperoleh nilai rata-rata 72,77. Sedangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata 66,47. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh to= 2,90 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5 % atau 1 % dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (30+30)-2=58. Pada tabel t dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5 %=2,01 dan taraf signifikan 1 % = 2,68. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,01 < 2,90>2,68 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran kreatif produktif lebih efektif diterapkan dalam menulis berita dari pada strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Bak e |
Keywords: | Konstruktivis; Produktiv; Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15266 |