Siregar, Zunaidy Abdullah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KARAKTER SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENAPASAN DIKELAS XI SMA NEGERI I SIBUHUAN KABUPATEN PADANG LAWAS. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173032. COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 8126173032. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126173032. ABSTRAK..pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 8126173032. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. 8126173032. DAFTAR ISI..pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. 8126173032. DAFTAR GAMBAR..pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
6. 8126173032. DAFTAR TABEL..pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 8126173032. BAB I..pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
12. 8126173032. BAB V..pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. 8126173032. DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh model pembelajaran
Example Non Example, dan model pembelajaran, dan pembelajaran konvensional
terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Sistem Pernapasan; (2) pengaruh
strategi Example Non Example, strategi pembelajaran Numbered Head Together,
dan pembelajaran konvensional terhadap karakter siswa pada materi Sistem
Pernapasan di kelas XI SMA Negeri 1 Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas.
Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan sampel
penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster
random sampling yaitu 2 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example (Eksperimen A), dan yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together (Eksperimen B), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan
tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; tes karakter
disiplin siswa sebanyak 20 soal. Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda,
dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Hasil
penelitian menunjukan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan strategi pembelajaran
i
konvensional terhadap hasil belajar biologi pada Sistem Pernapasan di kelas XI
SMA Negeri 1 Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Hasil belajar biologi siswa
yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together 87.60 ± 3.30 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar
biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Example Non Example 81.9 ± 2.52 maupun siswa yang dibelajarkan dengan
strategi konvensional 77.6 ± 2.96 ; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example, model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan strategi pembelajaran
konvensional terhadap Karakter Siswa Pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI
SMA Negeri 1 Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Karakter Disiplin Siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together 86.51 ± 2.59 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan
Karakter disiplin siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Example Non Eample. 83.91 ± 1.24 maupun siswa yang dibelajarkan dengan
strategi konvensional 77.6 ± 2.07.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Example Non Example; Nambered Head Together |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:53 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1526 |