PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lubis, Heni Indriani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209311005 COVER.pdf]
Preview
Text
209311005 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209311005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 BAB I.pdf]
Preview
Text
209311005 BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 BAB V.pdf]
Preview
Text
209311005 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 209311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap pemahaman wacana narasi siswa kelas XI SMA Laksaman Martadinata Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Laksamana Martadinata Medan tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 250 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80 orang,yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan instrument tes pemahaman wacana narasi dengan model desain penelitian Two Group Post test only design diman tes ini diujikan sebanyak 1 kali setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan metode ceramah. Karena penelitian ini bersifat komparartif,maka harga skor variabel XA dan variabel XB dibandingkan satu sama lain. Uji perbandingan yang digunakan adalah menggunakan statistic “t”.Pemahaman wacana narasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script 76,63 sedangkan menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 67,75. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata diatas,maka hasil belajar pemahaman wacana narasi lebih baik daripada menggunakan metode ceramah.Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai t0 = 8,35 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk= ( N1- N2) ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 <8,35>2,66 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti model pembelajaran cooperative script lebih baik digunakan dalam pembelajaran pemahaman wacana narasi dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.802 807 1 Lub p
Keywords: Model Pembelajaran; Cooperatif Script; Metode Ceramah; Wacana Narasi; Ekspositoris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15259

Actions (login required)

View Item
View Item