PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rambe, Nana Ronawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover Tesis.pdf]
Preview
Text
1. Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2. SURAT.pdf]
Preview
Text
2. SURAT.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[thumbnail of 3.  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual,
(2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan
pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan dilakukan
dengan menggunakan model Dick and Carey. Data-data yang dikumpulkan dianalisis
dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli
materi pelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam kategori sangat layak (85.53%), (2)
uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak
(93.96%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak
(88.99%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (91.37%), uji
coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (94.82%), uji coba
lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95.30%).
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia
interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan
multimedia interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana
diperoleh thitung sebesar 9.0229, sedangkan ttabel = 1.98, pada α=0.05 dengan dk
98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, thitung yaitu 9.0229>1.98.
Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 95.63% dan lebih
tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan
pembelajaran multimedia interaktif, yaitu sebesar 90.00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 420.071 2 Ram p
Keywords: Bahasa Inggris; Multimedia; Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:55
Last Modified: 07 Apr 2016 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item
View Item