Rambe, Nana Ronawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. SURAT.pdf - Published Version
Download (940kB) | Preview
3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual,
(2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan
pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan dilakukan
dengan menggunakan model Dick and Carey. Data-data yang dikumpulkan dianalisis
dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli
materi pelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam kategori sangat layak (85.53%), (2)
uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak
(93.96%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak
(88.99%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (91.37%), uji
coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (94.82%), uji coba
lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95.30%).
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia
interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan
multimedia interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana
diperoleh thitung sebesar 9.0229, sedangkan ttabel = 1.98, pada α=0.05 dengan dk
98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, thitung yaitu 9.0229>1.98.
Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 95.63% dan lebih
tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan
pembelajaran multimedia interaktif, yaitu sebesar 90.00%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 420.071 2 Ram p |
Keywords: | Bahasa Inggris; Multimedia; Pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:55 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1525 |