Hutagalung, Fitria (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEROLEHAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN KISAH DI KANTOR POS KARYA MUHAMMAD ALI OLEH SISWA KELAS IX SMP N 4 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
7122212044 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7122212044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7122212044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7122212044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7122212044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7122212044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7122212044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7122212044 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
7122212044 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7122212044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan model pembelajaran perolehan konsep dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP N 4 Tarutung tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 120. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen dalam bentuk post-test. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 65,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 4,61, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% = 1,68 dan pada taraf 1% = 2,42, dengan taraf df = (20+20) – 2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh t_tabel pada taraf signifikan hipotesis efektif sebab t_(tabel )<t_hitung>t_tabel yaitu, (1,68<4,61>2,42) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran perolehan konsep efektif digunakan dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP N 4 Tarutung tahun pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 1 Hut e |
Keywords: | Pembelajaran; Model; Konsep; Cerpen; Ekspositori; Intrinsik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15142 |