Prayuwidya, Dewi Ratih (2013) PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMNELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311024 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
208311024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
208311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
208311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
208311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
208311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
208311024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
208311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
208311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kuran mampu memahami ide pokok dalam wacana argumentasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model skrip kooperatif untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok dalam wacana argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai.Penelitian eksperimen one group pretest postest desing ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai, yang terletak di Jln.Cut Nyak Dhien No. 134 Binjai, Kotamadya Binjai pada kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sebelum model pembelajaran diberikan, terlebih dahulu dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok wacana agumentasi, kemudian diberi perlakuan dengan model skrip kooperatif, setelah itu baru dilakukan post-test untuk melihat hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan.Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 58,70, dengan standar deviasi sebesar 8,19 ; dan 2) kelompok post test memiliki rata-rata 72,66 dengan standar deviasi sebesar 8,78. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre test memperoleh harga Lh (Lhitung ) = 0,1220 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1220 < 0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menemukan ide pokok tanpa menggunakan model skrip berdistribusi normal; dan 2) kelompok post test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,1061 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1016 < 0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menggunakan model skrip kooperatif berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1,33 dan F tabel = 42,6. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1,33 < 42,6. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 6,57 > 2,00 pada taraf signifikansi 5% dan Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model skrip kooperatif berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok dalam wacana argumentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 71 Pra p |
Keywords: | Skrip; Model; Argumentasi; Wacana; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15131 |