Situmorang, Fahda Risa (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA MATERI MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALU HULU AEK KANOPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311037 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
208311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
208311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
208311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
208311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
208311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
208311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negri 1 Kualu Hulu Aek Kanopan Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualu Hulu Aek Kanopan Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sebanyak 38 orang dari kelas XI IPA 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi, dengan angket dan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Berdasarkan deskripsi data penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa secara umum tergolong kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 99,71 dan tingkat hasil belajar siswa secara umum tergolong sedang dengan nilai rata-rata sebesar 70,39. Hasil analisis uji persaratan data diketahui bahwa data motivasi belajar maupun hasil belajar dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Untuk teknis analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ= 5,07 + 0,66X merupakan regresi linier, hal ini dapat diketahui dari harga Fhitung dimana Fhitung < Ftabel (0,71 < 2,18) sedangkan untuk keberartian persamaan regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (21,32 > 4,11) yang berarti bahwa arah regresi Y terhadap X pada taraf kepercayaan α = 0,05. Perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,61 dan indeks determinasi I = 37%. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara motivasi belajar dengan indeks hasil belajar, dimana 37% dari pencapaian hasil belajar siswa merupakan sumbangan dari motivasi belajar siswa itu sendiri. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung (4,62) ttabel (1,69) sehingga dalam penelitian ini Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada materi menulis karangan narasi kelas XI SMA Negeri 1 Kualu Hulu Aek Kanopan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.802 807 1 Sit h |
Keywords: | Motivasi; Ekstrinsik; Intrinsik; Karangan; Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15127 |