Fatmawati, Siska (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PRACTICE- REHEARSAL PAIRS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS XI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311116 COVER.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
208311116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
208311116 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
208311116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
208311116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
208311116 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
208311116 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
208311116 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311116 BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
208311116 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
208311116 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif Practice- Rehearsal Pairs terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 290 orang, sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (random sampling) adalah 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan strategi pembelajaran practice- rehearsal pairs atau kelas eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan strategi pembelajaran eksposition/ pembelajaran langsung kelas kontrol (Y). Dari perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 50,7. Dengan demikian, diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca cepat kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 3,02, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = (N1 +N2) - 2 = 58. Pada tabel t dengan df = 58 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,03. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 > tt dan H0 diterima jika t0 < tt. Dari hasil pengujian, terbukti bahwa t0 (3,02) > tt (2,03) pada  = 0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan membaca cepat siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Practice- rehearsal pairs lebih baik daripada kemampuan membaca cepat siswa yang diajar dengan menggunakan strategi eksposition” diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran practice- rehearsal pairs terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 1 Fat p |
Keywords: | Pembelajaran; Strategi; Pengajaran; Deskripsi; Efektif; Kecepatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15124 |