Lumbanraja, Riani Sartika (2013) PENGARUH TEKNIK MENULIS BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311106 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208311106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
208311106 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208311106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
208311106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
208311106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311106 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311106 BAB I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
208311106 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Teknik Menulis Berantai Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 259 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 35 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Sampel didapat menjadi objek penelitian untuk menjaring data pre test dan post test. Metode adalah tes berupa penugasan, peneliti menugaskan siswa untuk menulis cerpen penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan berdasarkan pengalaman diri sendiri ataupun pengalaman orang lain. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara nilai rata-rata pre test dan post test pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Nilai Post test setelah perlakuan adalah Mean = 81,71 Standar Deviasi = 9,85, dan Standar Error = 1,69.Uji Normalitas L hitung = 0,13 < Ltabel = 0,15. Sedangkan nilai pada pre testmemiliki Mean = 74,71 Standar Deviasi = 9,33, dan Standar Error = 1,60. Uji Normalitas L hitung= 0,14 < Ltabel = 0,15. Uji Homogenitas semua sampel = 1,01. Standar Error perbedaan kedua Mean Post test dan pre test = 1,81. Maka dapat dihitung nilai t, t 0 = 3,86. t t 5% = 2,03. Karena t 0 yang diperoleh lebih besar dari t t yaitu 3,86 > 2,03. Maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa teknik menulis berantai berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 1 Lum p |
Keywords: | Menulis; Cerita Pendek; Teknik; Berantai; Penerapan; Ciri; Unsur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15123 |