Pasaribu, Noveria Jayanti (2012) PENGARUH MEDIA BONEKA (STICK WAYANG) TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
208311089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
208311089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
208311089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
208311089 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
208311089 BAB I.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
208311089 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
208311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka (stick wayang) terhadap pembelajaran menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan. Sampel dalam penelitin ini berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen one group pretest-posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest 61,32, standar deviasi = 9,67 dan termasuk dalam empat kategori yaitu kategori baik, hanya 10%, kategori cukup sebanyak 35% , kategori kurang sebanyak 32,5%, dan kategori sangat kurang sebanyak 22,5%. Nilai rata-rata posttest = 79,9, standar deviasi = 9,04 dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik 32,5%, kategori baik sebanyak 37,5%, kategori cukup sebanyak 20%, dan kategori kurang hanya 10%.Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan posttes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 4,18. selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel tpada tarad signifikan 5% dengan df = n-1, yakni 40-1 = 39. Dari df 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dengan demikian thitung > ttabel, yakni 4,18 > 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka (stick wayang) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Pas p |
Keywords: | menulis; wayang; drama; |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15116 |