Gultom, Nurjannah (2012) PENERAPAN MEDIA FEATURE PERJALANAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 20011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311094 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
208311094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
208311094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
208311094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208311094 BAB I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
208311094 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
208311094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang kesulitan menulis karangan narasi meliputi kesulitan dalam mengorganisasikan ide, menentukan ejaan, tanda baca, dan pilihan kata yang tepat. Kesulitan tersebut timbul karena kurangnya minat siswa dan tidak ada inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran menulis karangan narasi belum memenuhi indikator tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengujicobakan media feature perjalanan dalam pembelajaran menulis karangan narasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu one group dengan pre test -post test desain kelompok tunggal yang dilakukan pada anggota populasi, yaitu kelas X SMA Swasta Teladan Pematangsiantar dengan sampel penelitian kelas X-5 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis karangan narasi sebelum dan sesudah menggunakan media feature perjalanan. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 63.9, dengan standar deviasi sebesar 7.39 ; dan 2) kelompok post test memiliki rata-rata 83.97 dengan standar deviasi sebesar 4.52. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre test memperoleh harga Lh (Lhitung ) = 0.1201 dan Lt (Ltabel) = 0.1401. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0.1201< 0.1401. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi tanpa menggunakan media feature perjalanan berdistribusi normal; dan 2) kelompok post test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.0606 dan Lt (Ltabel) = 0.1401. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0.0606< 0.1401. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media feature perjalanan berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1.55 dan F tabel = 1.65. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1.55< 1.65. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 14.43> 2.02 pada taraf signifikansi 5% dan Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media feature perjalanan berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Gul p |
Keywords: | menulis; kemampuan siswa; feature |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15115 |