Aruan, Jusniar Arta Uli (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI PARAGRAF NARASI SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
71222110036 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
71222110036 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
71222110036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
71222110036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
71222110036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
71222110036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
71222110036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
71222110036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
71222110036 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
71222110036 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
71222110036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan metode pembelajaran probing promting terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan sebanyak 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata eksperimen adalah 75,25, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5, 04, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1% atau dengan df = (N1+N2) = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 1, 68 dan taraf signifikan 1% = 2, 42. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 < tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa 1, 68 < 5, 04 pada α = 0, 05 dan 5, 04 > 2, 42 pada α = 0, 01 yang berarti bahwa baik pada α = 0, 05 maupun pada α = 0, 01 H0 ditolak. Ini berarti Ha diterima jika ttabel < thitung > ttabel (1, 68 < 5, 04 > 2, 42) maka hipotesis alternatif diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode probing pomting lebih efektif daripada metode latihan terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Aru e |
Keywords: | narasi; menulis; probing prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Apr 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15109 |