Fardanti, Melvira (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DIE (DESKRIPSI INTERPRETASI EVALUASI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311075 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
208311075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (919kB) | Preview
208311075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208311075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208311075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208311075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
208311075 BAB 1.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
208311075 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
208311075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Teknik DIE (Deskripsi interpretasi Evaluasi) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan sebanyak 210 orang. Sampel diambil dengan teknik random sebanyak 33 orang, tanpa ada kelas pembanding.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pre-test(Variabel X) dan pos-test (Variabel Y)yang digunakan adalah tes menulis paragraf argumentsi dalam bentuk essay test. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) variabel X memiliki rata-rata 64,55, dengan standar deviasi sebesar 5,951 ; dan 2) variabel Y memiliki rata-rata 76,21 dengan standar deviasi sebesar 7,29. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) variabel X memperoleh harga LO (Lhitung ) = -0,1400 dan Lt (Ltabel) = 0,1544. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu -0,1400< 0,1544. Hal ini membuktikan bahwa variabel X berdistribusi normal; dan 2) variabel Y memperoleh harga LO (Lhitung) = 0,1433dan Lt (Ltabel) = 0,1544. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1433 < 0,1544. Hal ini membuktikan bahwa variabel Y berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kedua kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1,49 dan F tabel = 1,79. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1,49 < 1,79. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 2,73 < 7,02 > 2,03 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaaruh penggunaan Teknik DIE (Deskripsi interpretasi Evaluasi) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan Tahun Pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Fad p |
Keywords: | kemampuna menulis paragraf; teknik DIE; argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15108 |