Simorangkir, Nina Prince (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111066 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
208111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
208111066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
208111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
208111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
208111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
208111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208111066 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208111066 BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
208111066 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
208111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh strategi pembelajaran KWL terhadap kemampuan apresiasi cerpen .Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pahae Julu sebanyak 141 orang. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XII IPA-2 sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 48,16 standar deviasi = 7, dan termasuk kategori cukup sebanyak 8 siswa atau 26,66%, kategori kurang sebanyak 20 siswa atau 66,66 %, dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa atau 6,66%. Nilai rata-rata post-test = 78, standar deviasi = 7,48, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori baik sebanyak 18 siswa atau 60%, dan kategori cukup sebanyak 3 siswa atau 10%.. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 18,29. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1, yakni 30-1, dari dk = 29 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,70. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 18,29 > 1,70, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas pengggunaan Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want to know-Learned) terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sim p |
Keywords: | Cerpen; KWL; hegemoni |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15103 |