Hasanah, Nurul (2012) PENGARUH METODE IMAGE STREAMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA MAS PAB HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081222110016 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
081222110016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
081222110016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
081222110016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
081222110016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
081222110016 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
081222110016 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
081222110016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
081222110016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Image Streaming terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X MAS PABHelvetia Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS PAB Helvetia Medan sebanyak 162 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 42 orang, tanpa ada kelas pembanding Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pre-test dan post-test yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 60.1 sedangkan untuk nilai rata-rata post-test adalah 81.1. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan metode Image Streaming (post-tes) lebih tinggi dari pada keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan metode Image Streaming (Pre-test).Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji “t”Selanjutnya setelah thitung diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi5% dengan df=N-1= 42-1= 41. Karena pada tabel df= 41 tidak terlihat maka, df yang diambil adalah df yang mendekati 41 yaitu 45. Dari df=45 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2.02. dan 1 % sebesar 2.69, berdasarkan perhitungan yang dilakukan Maka dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh metode Image Streaming terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa.Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa metode Image Streaming dapat perpengaruh pada keterampilan siswa dalam menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 HAs p |
Keywords: | Cerpen; menulis; image streaming |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15083 |