Kamalasari, Vidya (2012) PENGARUH LATIHAN MEMBACA CEPAT TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK WACANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
208111088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
208111088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
208111088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
208111088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
208111088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
208111088 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
208111088 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
208111088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh latihan membaca cepat terhadap kemampuan menemukan ide pokok wacana. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu tahun pembelajaran 2011/2012. Sampel diperoleh dari random kelas yaitu kelas X2 sebanyak 40 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menemukan ide pokok yang terdapat dalam wacana.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63,85, standar deviasi = 6,25, dan termasuk kategori baik sebanyak 14 siswa atau 35%, kategori cukup sebanyak 18 siswa atau 45%, dan kategori kurang sebanyak 8 siswa atau 20%. Nilai rata-rata post-test = 79,3, standar deviasi = 7,48, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 18 siswa atau 45%, kategori baik sebanyak 19 siswa atau 47,5%, dan kategori cukup sebanyak 3 siswa atau 7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 12,66. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan t pada taraf signifikan 5% dengan dk = N-1, yakni 40-1, dari dk 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 12,66 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan Latihan Membaca Cepat terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Wacana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Kam p |
Keywords: | pemahaman; membaca cepat; fiksasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15074 |